Keripik Jengkol, Permainan Tradisional Asal Betawi

Keripik Jengkol adalah style permainan kebiasaan anak Betawi di masa dahulu yang sekarang nyaris sudah tak dikenal kembali oleh anak-anak di Betawi atau Jakarta. Tidak seperti permainan kelereng yang dimainkan banyak dan dominan laki-laki saja. Permainan Keripik Jengkol ini merupakan permainan tanpa alat yang sanggup dimainkan oleh 3-4 orang anak laki laki atau perempuan.

Sifat permainan adalah hiburan, di mana anak-anak yang bermain saling adu kekuatan dan ketangkasan dengan saling mengkaitkan satu kakinya menjadi satu dengan cara tertentu. Setelah kaki para pemain saling terkait, lantas mereka saling Tarik menarik kaki dengan diiringi nyanyian satu nyanyian yang syairnya diulang-ulang: Keripik jengkol gado-gado lontong.

Cara Bermain Keripik Jengkol

Dalam permainan Keripik Jengkol ini tak tersedia yang menang tak tersedia kalah. Berbeda dengan permainan link sbobet dimana pemainnya diharuskan menang agar mendapat keuntungan. Adapun cara bermain Keripik Jengkol dibagi menjadi 3 tahap dengan urutan sebagai berikut:

  1. Seluruh pemain saling berhadapan membentuk lingkaran sembari berpegangan tangan.
  2. Selanjutnya, tanpa melewatkan tangan, tidak benar seorang pemain merunduk melewati dua tangan pemain yang diangkat ke atas. Posisi seluruh pemain kini saling membelakangi.
  3. Salah seorang pemain meletakan kaki kanannya di atas dua tangan temannya yang masih saling berpegangan dan sudah direndahkan/diturunkan kembali disaat posisi mereka berbalik saling membelakangi. Setelah kaki kanan tidak benar satu pemain menumpang di pada dua tangan, pemain yang kedua menumpangkan kaki kanan di atas kaki temannya, disusul lantas oleh pemain berikutnya yang dengan cara tertentu mengkait kedua kaki tertentu dengan kaki kanannya.

Setelah kaki saling berkenaan dan pegangan tangan dilepaskan, permainan Keripik Jengkol segera dimulai. Seluruh pemain, sembari bertepuk tangan, menyanyikan lagu yang syairnya terus diulang-ulang: “Keripik jengkol, gado-gado lontong”. Dengan satu kaki tiap-tiap pemain berjingkrak-jingkrak menarik satu kaki mereka yang saling terkait. Pemain yang bertahan tak sampai terjatuh dinyatakan sebagai pemenangnya di https://asiasbobet.online/.

Manfaat Bermain Keripik Jengkol

  • Kecerdasan bermusik: lewat melodi lagu.
  • Kecerdasan berbahasa: lewat syair lagu.
  • Kecerdasan Inter Personal: pertalian antar pemain.
  • Kecerdasan Intra Personal: pemain mengusahakan bertahan untuk melindungi keseimbangan.
  • Kecerdasan Logis Matematik: pemahaman pertalian kaki yang saling terkait.
  • Kecerdasan Spasial: membawa dampak pertalian kaki untuk saling kait mengait.
  • Kecerdasan Body Kinestik: lewat gerakan bertahan dengan satu kaki.
  • Kecerdasan Natural: lewat aktifitas yang menyenangkan.