Lompat tali

Posted By on August 1, 2020

Setiap permainan tradisional memiliki cara dan peraturan tersendiri. walaupun merupakan satu negara tetapi di indonesia memiliki banyak sekali pulau sehingga beragam regulasi yang diterapkan saat melakukan permainan ini.

Seiring perkembangan jaman, permainan lompat tali pun hilang karena kalah eksistensi nya dengan permainan jaman sekarang seperti mainan dance yang sering kita lihat di mal. Permainan tradisional tergerus jaman kecanggihan teknologi yang menyesuaikan masa.

Permainan lompat tali yang dulunya dilakukan di saat pulang sekolah dan bermain bersama dengan teman. Namun berbeda di jaman ini karena semakin canggihnya teknologi dan internet yang membuka cakrawala. Permainan minimal dua ataupun tiga orang ini semakin jarang terlihat saat ini.

Lompat Tali Tergerus Jaman

Dahulu permainan ini menggunakan karet gelang yang di kombinasikan menjadi satu agar dapat berbentuk seperti tali yang panjang namun elastis. Bahkan bisa kita ketahui bahwa pada jaman dahulu penggunaan berupa internet masih minim dilakukan. Beragam permainan yang mengasah keterampilan dan kelincahan seseorang bisa diketahui disini.

Sangat jauh berbeda apabila dibandingkan dengan sekarang ini. Bahkan anak jaman now tidak mau untuk keluar rumah jika sedang melakukan permainan lewat handphone. Sebenarnya hal inilah yang membuat anak sekarang menjadi senang berada di rumah. Seperti peribahasa yang mengatakan memakan buah simalakama.

Karena orang tua jaman dahulu mengatakan jikalau ingin anaknya berada di rumah karena terlalu sering keluar rumah dan bermain di luar rumah dengan temannya. Namun kenyataan yang berbeda di rasakan sekarang ini bahwa Orang tua jaman sekarang ingin sekali melihat anaknya bercengkerama diluar bersama dengan teman-teman.

Hal ini terjadi karena dapat mempengaruhi kesehatan seorang anak yang malas. Permainan tradisional seperti lompat tali seharusnya dapat membantu anak dalam berolahraga dan menyehatkan. Berbanding terbalik dengan permainan sekarang yang menggunakan internet dan hanya duduk diam di rumah ataupun di dalam kamar.

Permainan tradisional lompat tali memang membutuhkan lebih dari satu orang agar dapat melakukan permainan dengan bergantian. Mungkin hal inilah yang menyulitkan anak jaman sekarang melakukan permainan ini karena semakin sulit untuk mencari teman yang suka untuk bermain di luar rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *