Permainan Tradisional di Indonesia

Posted By on July 21, 2020

Negara 1.000 Pulau Indonesia menampung populasi terbesar keempat di dunia, yang tersebar di seluruh kepulauan terbesar, atau rantai pulau, di dunia. Dari yang paling timur hingga ke pulau paling barat, rantai tersebut menjangkau jarak sejauh benua Amerika Serikat dari Pantai Timur ke Pantai Barat.

Dengan lebih dari 1.000 pulau, berbagai populasi dan kelompok etnis yang menghuni pulau-pulau tersebut berasal dari berbagai budaya. Bahkan, semboyan nasional Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika, yang diterjemahkan menjadi ‘Unity in Diversity‘, kata yang sangat tepat untuk sebuah negara kepulauan.

Sementara berbagai warga dapat menikmati berbagai bahasa, budaya, kehidupan di rumah, dan kepercayaan, permainan tampaknya menjadi faktor umum di seluruh pulau. Ribuan tahun perdagangan internasional melalui rute pengiriman melalui pulau-pulau membantu menyebarkan permainan menyenangkan dan mainan dari satu pulau ke pulau berikutnya dan membawa permainan dari seluruh Asia Tenggara. Sama dengna penyebaran permaianan daftar sbobet dimana mereka hanya mengetahui hal kecil dan di tambahkan dengan penyebaran yang sangat pesat sehingga banyak orang mengetahui permainan ini.

Permainan tradisional sangat populer di kalangan anak-anak pada zamannya. Game kuno yang tak terhitung banyaknya mengajarkan pentingnya suatu proses dan memasukkan nilai-nilai kebaikan. Permainan tradisional juga akan melatih anak-anak dalam keterampilan sosial.

Selain itu permainan tradisional juga sangat baik untuk melatih ketangkasan dan keterampilan motorik anak-anak. Jadi, walaupun zaman telah berubah, akan lebih baik jika anak-anak sekarang diperkenalkan dengan permainan tradisional karena pada dasarnya, baik permainan modern maupun tradisional bermain menyenangkan dan memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah permainan yang sangat asyik dimainkan jika berada di tempat yang luas dengan banyak teman.

Permainan Tradisional Petak Umpet

Petak Umpet adalah permainan yang dimainkan oleh dua orang atau lebih. Semakin banyak yang bermain, makan game ini akan semakin mengasyikkan. Petak Umpet dimulai dengan menentukan siapa yang menjaga (kucing). Biasanya penentuan kucing ditentukan oleh hompimpah, ciripit, atau cara lain yang sesuai masing-masing daerah.

Kucing akan bertugas mencari dan menemukan teman yang bersembunyi. Setelah menentukan siapa kucingnya, kucing itu akan menutup mata ke dinding / pohon yang digunakan sebagai INGLO / BON / HONG, yang disepakati sebagai patokan. Ketika kucing memejamkan mata dan mulai menghitung sesuai waktu yang disepakati, anak-anak lain berlari dan bersembunyi sebanyak mungkin agar tidak ditemukan oleh kucing.

Setelah penghitungan selesai, kucing meninggalkan INGLO / BON / HONG dan mulai mencari anak-anak lain. Jika kucing menemukan satu anak, kucing harus menyebutkan nama dan berlari menuju inglo pertama dari anak-anak. Jika kucing tidak dapat menemukan semuanya, maka game dimenangkan oleh anak-anak lain dan permainan diulang. Demikian juga, ketika ada anak yang tiba-tiba menyentuh kucing inglo tanpa disadari terlebih dahulu, maka permainan diulang dan kucing akan menjaga kembali.

Sebenarnya petak umpet adalah permainan sembunyi yang paling gampang di mainkan dan di sukai oleh anak-anak hingga orang tua jaman dahulu karena sering memberikan kesenangan dan membangun kreatifitas sang anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *